Langsung ke konten utama

Politeknik Jambi MoU dengan Perguruan Tinggi di China

Beberapa Perguruan Tinggi China Bekerjasama dengan Politeknik Jambi

Beberapa perguruan tinggi dari China bekerjasama sengan Politeknik Jambi dalam bentuk penandatanganan memorandum of understanding (MOU), Minggu 17 April 2016 lalu di kampus STMIK Bina Insani Bekasi. Dalam MOU yang ditandatangani, kedua belah pihak sepakat untuk membentuk konsorsium yang  meliputi konsorsium business center, care giver (pengasuh lansia) dan industri kreatif. 

Darmuji Jais,S.Ag,M.Pd yang mewakili Politeknik Jambi mengatakan bahwa dari ketiga konsorsium tersebut  Politeknik Jambi ikut dalam konsorsium industri kreatif, sementara China Corner dibentuk sebagai jembatan maya dalam transfer ilmu serta teknologi dari perguruan tinggi Tiongkok dan Indonesia.

"Kerjasama ini dilatarbelakangi dengan munculnya Tiongkok sebagai negara terkuat kuat di Asia di samping Jepang dan Korea Selatan khususnya dalam bidang teknologi, investasi serta tenaga ahli," Kerjasama  ini diperlukan bagi Politeknik Jambi dalam memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) serta dalam menghadapi persaingan dengan perguruan tinggi asing yang mulai masuk Indonesia pada 2017,” kata Darmuji Jais.

MOU ditandatangani antara Politeknik Jambi dengan  Southwest University of Science and Tecnology, Leshan Vocational and Technical College, Sichuan Normal University, Xihua University, Leshan Normal University, Miayang Normal University, Sinchuan College of Architectural Teechnology dan Chengdu university  dari Provinsi Sinchuan, Tiongkok dijembatani oleh South East Asia Ministers of Education for Open Learning Center (SEAMOLEC).

Adapun program yang menjadi prioritas adalah berkolaborasi dalam program yang saling menguntungkan berupa pertukaran materi sains, publikasi dan informasi, penelitian dan riset, berkolaborasi dalam pembelajaran berbasis e-learning, menandatangani kesepakatan terpisah dalam mengimplementasikan secara bersama-sama mengembangan program pendidikan dan pemagangan mahasiswa dan dosen serta melaksanakan penelitian, seminar internasional, simposium dan workshop, lanjut Darmuji yang juga merupakan Pembantu Direktur I (PD I) Politeknik Jambi.

Politeknik Jambi merupakan sebuah institusi yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan tridharma sejalan dengan perkembangan pendidikan dikawasan global. Perubahan sebagai keniscayaan sejatinya menjadi budaya peguruan tinggi, karena pengelola sumber daya khususnya dosen, kurikulum, sarana dan prasarana sebaiknya diarahkan pada pengembangan dan peningkatan yang terus menerus sejalan dengan perubahan itu sendiri. Pengelolaan perguruan tinggi pada akhirnya bermuara pada pemberdayaan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan kegiatan tridharma, dalam upaya memperkaya pengelolaan yang mampu memberikan pemberdayaan mahasiswa dan dosen secara maksimal, diperlukan kerjasama dengan pengelola pendidikan luar negeri salah satunya adalah China, demikian Darmuji. (WD)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jalur (Path Analysis)

Analisis Jalur (Path Analysis) A.      Pengertian Analisis Jalur (path analysis) adalah suatu metode penelitian yang pertama kali dikembangkan oleh seorang ahli genetika yaitu Sewall Wright (Joreskog & Sorbom, 1996; Johnson & Wichern, 1992 dalam Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro, 2013:1). Analisis jalur adalah suatu bentuk terapan dari analisis multi regresi (Fraenkel dan Wallen, 1992 dalam Nidjo Sandjojo, 2011:11-12) menyatakan bahwa analisis jalur digunakan untuk menguji kemungkinan dari suatu hubungan sebab akibat   diantara tiga variabel atau lebih. Dengan demikian, analisis jalur pada dasarnya adalah sarana untuk menganalisis hubungan kausal antar variabel guna mengetahui baik pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung diantara variabel bebas (independent variable) terhadap variabel terikat (dependent variable) . Dalam penelitian ilmu sosial, ekonomi, bisnis, pendidikan dan lainnya, pengaruh terhadap suatu variabel tidak selamanya didominasi oleh satu va

Etika Profesi Sistem Informasi

ARTIKEL ETIKA PROFESI SISTEM INFORMASI 1201095 WIRA LUCIANA 1201174 IVO YAYAN MARIAYAN 1201224 HERLINA             PROGRAM STUDI SISTIM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER(STMIK) NURDIN HAMZAH    TAHUN 2015 ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI P erkembangan   teknologi komputer sebagai sarana informasi memberikan banya keuntungan. Salah satu manfaatnya adalah bahwa informasi dapat dengan segera diperoleh dan pengambilan keputusan dapat dengan cepat dilakukan secara lebih akurat, tepat dan berkualitas. Namun, di sisi lain, perkembangan teknologi informasi, khususnya komputer menimbulkan masalah baru. Bahwa banyak sekarang penggunaan komputer sudah di luar etika penggunaannya, misalnya: dengan pemanfaatan teknologi komputer, dengan mudah seseorang dapat mengakses data dan informasi dengan cara yang tidak sah. Adapula yang memanfaatkan teknologi komputer ini untuk

PERSPEKTIF ILMU, SENI, DAN AGAMA DALAM KHAZANAH ILMU PENGETAHUAN, BUDAYA, DAN PERADABAN

PERSPEKTIF ILMU, SENI, DAN AGAMA DALAM KHAZANAH ILMU PENGETAHUAN, BUDAYA, DAN PERADABAN A.    PENDAHULUAN Saat ini kemajuan ilmu dan pengetahuan sedemikian pesatnya. Banyak fenomena aneh di masa lalu kini adalah merupakan kejadian biasa dan bisa dijelaskan secara nalar ilmiah. Sebagai contoh misalnya telefon yang bisa menghubungkan antarasatu orang dengan orang lain di benua yang berbeda, radio, televisi, internet yang bisa membawa kabar berita pada waktu yang bersamaan sampai pesawat terbang yang bisa menerbangkan manusia hingga ke luar angkasa dan lain sebagainya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tentu saja membawa dampak baik yang positif maupun negatif. Kemajuan itu juga tentunya seakan memberi definisi lain hubungan antara ilmu pengetahuan dengan agama, budaya dan peradaban. Agama sebagai wahyu yang berasal dari Tuhan pada hakekatnya adalah sumber dari kebenaran dan ilmu pengetahuan tidak mungkin salah. Budaya dan peradaban yang merupakan hasil akal budi manusi